Tinggalkan komentar

Perilisan Mini Album Mutiara di Perayaan Record Store Day

Perilisan Mini Album Mutiara di Perayaan Record Store Day

 

Record Store Day adalah acara internasional tahunan yang pertama kali digelar pada tahun 2007. Bertujuan untuk mempertemukan para penikmat musik, musisi, pemilik toko musik independen dan tentunya penggemar rilisan fisik dari berbagai format musik dan lintas genre dalam satu wadah.

Seringkali, para musisi merayakannya dengan merilis karya dalam bentuk fisik. Pernyataan tersebut seolah di-iya-kan oleh Mutiara. Pasalnya, musisi muda berbakat tersebut telah merilis debut mini albumnya yang berjudul Gasebu bertepatan dengan perayaan Record Store Day. Perilisan tersebut sudah direncanakan jauh – jauh hari oleh sang produser, Aziz No End, yang menganggap Record Store Day adalah momen yang tepat untuk menarik perhatian publik. Di gelar serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 16 April 2016 lalu, khusus di Purwokerto, acara tersebut dihelat di House Of Smith pada malam harinya.

Gasebu berisikan lima lagu, antara lain “Love Burn”, “Biru”, Dimensi Jiwa”, “Sad Man” dan “Pilihan Terakhir” yang semua musik dan liriknya, Mutiara ciptakan sendiri berkat ide dan pengalaman pribadinya. Mini album dengan nuansa Jazz Blues tersebut menggandeng noend records sebagai label rekaman dan juga demajors Independent Music Industry sebagai distributor. Dua artworker Purwokerto, Adan Fajar Maruciel dan Irfan Gama Setiawan, juga terlibat dalam pembuatan cover dan artwork mini album tersebut. Proses penggarapan Gasebu sendiri memakan waktu dua minggu di sebuah studio dengan nama yang sama yaitu Gasebu Studio, yang menjadi salah satu alasan bagi Mutiara dalam menamai mini albumnya.

Pengunjung yang datang dapat langsung membeli mini album tersebut yang tersedia di booth noend records dengan harga Rp30.000,-untuk pembelian regular (hanya mendapat CD –red) dan Rp50.000,- untuk pembelian versi limited. Versi limited tersebut hanya tersedia sejumlah 25 pcs (berisi CD, art work bertandatangan Mutiara dan Adan Fajar Maruciel, goodie bag, dan sticker –red).

mutiara

 

mutiara2

 

mutiara3

 

mutiara4

 

Penampilan Mutiara malam itu dirasa spesial, tak lain karena ia ditemani oleh musisi – musisi hebat seperti Aditya Bayu sebagai pemetik gitar, Diar Wisnu Paramarta sebagai pembetot bass, dan juga Didi Permadi sebagai penabuh drum. Dibuka dengan dua lagu dari Amy Winehouse yaitu Just Friends dan disusul Valerie, Mutiara membuat suasana kala itu menjadi hangat berkat irama musik yang ia mainkan. Selesai memainkan dua lagu tersebut ia sempat menuturkan bahwa Amy Winehouse merupakan insipirasi terbesarnya dalam debut mini albumnya. Setelah itu saatnya Mutiara memperkenalkan materi Gasebu dengan membawakan “PilihanTerakhir”, “Biru” dan “Love Burn”.

Disela – sela jeda, Mutiara sempatmenceritakan kisah dibalik lagu – lagu tersebut yang membuat penonton semakin antusias menyaksikan penampilannya. Ia juga mengaku tidak menyangka dapat merilis debut mini albumnya pada perayaan Record Store Day, mengingat pada perayaan tahun lalu ia bertindak sebagai penjaga booth noend records.

“Senang sekali rasanya, ngga nyangka akhirnya bisa merilis mini album saya di Record Store Day, padahal tahun lalu saya jaga booth-nya noend records. Tapi mulai saat itu saya punya mimpi kalau saya harus punya karya fisik seperti mereka. Dan saya terus memperjuangkan mimpi saya itu, sampai akhirnya terwujud seperti sekarang,” terang Mutiara disela – sela perform.

Record Store Day Purwokerto kala itu juga dimeriahkan dengan penampilan band – band ternama Purwokerto seperti Revolver, Hyndia, Slidemunky dan Metroriot. Salah satu dari line up tersebut, Hyndia, menyatakan akan merilis album mereka berjudul Pagi Berlabuh pada 16 Mei mendatang.

Rencananya setelah perilisan Gasebu, Mutiara dijadwalkan akan menjalani tour promo di empat kota di Jawa Tengah dan DIY seperi Semarang, Tegal,Purwokerto, dan Yogyakarta.

 

 

Ikuti terus informasi ter-update dari Mutiara serta noend records dengan kunjungi link – link berikut:

https://twitter.com/aramutiarayara

https://instagram.com/aramutiarayara

https://soundcloud.com/mutiaraayu

https://twitter.com/noendrecords

https://instagram.com/noendrecords

https://soundcloud.com/noendrecords

Tinggalkan komentar